AMSALUL QURAN
A.
Pengertian Amsalul Quran
Hakikat yang
sama mengenai arti dan tujuaan,inilah yang membuat alquaran itu menjadi bentuk
yang mengagumkan. Sighatnya itu dicetak dalam acuan yang baik menghampirkan
orang kepada pemahaman-pemahaman dan mengkiaskannya kepada apa yang telah
diketahui dengan yakin.
Tamsil, yaitu gubahan yang menjalankan arti dalam bentuk hidup berada dalam
perasaan.menyerupakan yang gaib itu dengan yang tampak.yang dipikirkan itu
diikuti dengan perasaan.
Kias, yaitu memperbandingkan dua hal yang serata.beberapa banyaknya arti
yang gubah orang menjadi tamsil yang mengagumkan dan indahnya luar biasa.yang
demikian itu menjadi tamsil yang mengagumkan peransang menjungkan kedalam lubuk
hati dan menenangkan akal pikiran.inilah metode yang dijalankan oleh
alquaran.contoh-contoh yang dikemukakannya itu tidak sanggup di tandingi dari
segala pihak.
Ada seseorang ulama yang mengumpulkan amsal(tamsil-tamsil)yang terdapat
dalam alquran itu.disusun tersendiri dalam satu bab dalam kitab yang ditulisnya
itu.yang membuatnya ialah abu hasan al mawardi.juga sayuthi membuat amsal ini
ber bab-bab dalam kitabnya alamul mauqi’in.dia membahas amsal alquran yang
mengandung tasybih(penyerupaan)sesuatu yang setara.dan menyamakan dalam hukum
sebanyak lebih dari empat puluh buah amsal.diantara amsal yang tersebut dalam
alquran itu adalah:
ù=Ï?ur ã@»sVøBF{$# $pkæ5ÎôØtR Ĩ$¨Z=Ï9 óOßg¯=yès9 crã©3xÿtGt ÇËÊÈ
Artinya dan perumpamaan-perumpamaan iti kami buatkan untuk manusia dan
tidak ada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.(QS 59: 21)
ôs)s9ur $oYö/uÑ Ä¨$¨Y=Ï9 Îû #x»yd Èb#uäöà)ø9$# `ÏB Èe@ä. 9@sWtB öNßg¯=yè©9 tbrã©.xtGt ÇËÐÈ
Artinya sesungguhya telah kami buatkan bagi manusia dalam alquran ini
setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran(qs 39:27)
Hadis dari ali ra katanya. –rasulullah saw bersabda,- allah menurunkan
alquran berupa perintah dan larangan.sunah khalifah dan
perumpamaan-paerumpamaan yang dicontohkan.sebagaimana diketahui bahwa ulama
dalam menerangkan sesuatu ada yangyang dengan perumpamaan-perumpamaan yang
terdapat dalam alquran.demikian pula merekamenerangkan contoh-contoh yang
berkenaan dengan nabi saw.abu isa at tarmizi menulius satu bab dalam
kitabnyajami’ah,yang didalamnya berisikan empat puluh hadis.katawadhi abu bakar
bin al arabiy,-aku belum pernah melihat ahli hadis yang menulis kitab khusus
menyediakan satu bab yang mengenai perumpamaan-perumpamaan,selain dari
isa.allah mempunyai sebuah gudang maka abu bakar lah yang membukakan pintu
gudang itu.tapi saying nya dia menulis dengan khat kecil. Namun kita
merasa senang dan bersyukur atas usahanya itu.
B.
Macam-macam misal dalam alquran
Amsal(perumpamaan-perumpamaan)dalam
alquran itu ada tiga macam yaitu:
1.
Amsalul mashrahah.
Yaitu apa yang
di dalam hal ini di nyatakan dengan lafadz missal,atau apa yang
ditunjukannyakepada tasybih.ini banyak terdapat dalam alquran.diantara yang
kami kemukakan disini ialah:
öNßgè=sVtB È@sVyJx. Ï%©!$# ys%öqtGó$# #Y$tR !$£Jn=sù ôNuä!$|Êr& $tB ¼ã&s!öqym |=yds ª!$# öNÏdÍqãZÎ/ öNßgx.ts?ur Îû ;M»yJè=àß w tbrçÅÇö6ã ÇÊÐÈ BL༠íNõ3ç/ ÒôJãã öNßgsù w tbqãèÅ_öt ÇÊÑÈ ÷rr& 5=Íh|Áx. z`ÏiB Ïä!$yJ¡¡9$# ÏmÏù ×M»uKè=àß Óôãuur ×-öt/ur tbqè=yèøgs ÷LàiyèÎ6»|¹r& þÎû NÍkÍX#s#uä z`ÏiB È,Ïãºuq¢Á9$# uxtn ÏNöqyJø9$# 4
ª!$#ur 8ÝÏtèC tûïÌÏÿ»s3ø9$$Î/ ÇÊÒÈ ß%s3t ä-÷y9ø9$# ß#sÜøs öNèdt»|Áö/r& (
!$yJ¯=ä. uä!$|Êr& Nßgs9 (#öqt±¨B ÏmÏù !#sÎ)ur zNn=øßr& öNÍkön=tæ (#qãB$s% 4
öqs9ur uä!$x© ª!$# |=yds%s! öNÎgÏèôJ|¡Î/ öNÏdÌ»|Áö/r&ur 4
cÎ) ©!$# 4n?tã Èe@ä. &äóÓx« ÖÏs% ÇËÉÈ
Artinya:perumpamaan
mereka adalah seperti orang yang menyalakan api,maka setelah api itu menerangi
sekelilingnya,allah menghilangkan cahaya(yang menyinari) mereka dan membiarkan
mereka dalam kegelapan,tidak dapat melihat.mereka tuli,bisu dan buta,maka tidak
lahmereka akan kembali(kejalan yang benar).atau seperti orang-orangyang ditimpa
hujan lebay dari langit,disrtai gelap gulita,guruh dan kilat.sampai kepada ayat
yang berbunyi,-sesungguhnya allah berkuasa tiap-tiap sesuatu(QS 2 :17 - 20)
Dalam ayt ini
allah mencontoh kan orang-prang munafik dengan dua perumpamaan.pertama,sepertti
api dalam firmannya yang berbunyi,-atau seperti orang yang menyalakan api.di
dalam api ituada zat yang bercahaya.contoh yang kedua,yaitu air hujandalam
firman tuhan yang berbunyi,-atau seperti orang yang ditimpa hujan lebat dari
langit.didalam air itu ada suatu zat vhidup.allah menurunkan wahyu dari langit
ada mengandung hal-hal yang dapat meneranfgi hati dan menghidupkannya.allah
menyebutkan perihal orang munafik itu pada dua hal.mereka berfungsi menyalakan
api untuk penarangan dan bermanfaat.karena mereka itu memanfaatkan harta benda dengan
masuknya kedalam islam.tapi cahaya itu tidak berbekas dalam hati mereka maka
allah menghilangkan kembali dari sinar api itu.yang tinggal adalah punting bara
yang terbakar.mereka itu di umpamakan dengan api.
Juga allah
menyebutkan perumpamanmerfeka itu dengan itu.mereka itu di umpamakan dengan
air.ditimpa hujan lebat dalam keadaan gelap gulita ,guruh dan petir.di waktu
mereka menyumbatkan jari kelingkingnya,karna kerasnya bunyi petir,dan
memicingkan matanyakarena takut akan disambarpetir.alquran dengan
peringatan-peringatan,perintah dan larangan dan ucapan-ucapan yang ditujukan
kepada merekaitudiumpamakan seperti petir.
Allah
menyebutkan dua perumpamaan,yaitu air dan api,didalam surat ara’du mengemukakan
terhadap yang benar dan yang bathil.berfirman tuhan dalam alquran.
tAtRr& ÆÏB Ïä!$yJ¡¡9$# [ä!$tB ôMs9$|¡sù 8ptÏ÷rr& $ydÍys)Î/ @yJtGôm$$sù ã@ø¡¡9$# #Yt/y $\Î/#§ 4
$£JÏBur tbrßÏ%qã Ïmøn=tã Îû Í$¨Z9$# uä!$tóÏGö/$# >puù=Ïm ÷rr& 8ì»tFtB Ót/y ¼ã&é#÷WÏiB 4
y7Ï9ºxx. Ü>ÎôØo ª!$# ¨,ysø9$# @ÏÜ»t7ø9$#ur 4
$¨Br'sù ßt/¨9$# Ü=ydõusù [ä!$xÿã_ (
$¨Br&ur $tB ßìxÿZt }¨$¨Z9$# ß]ä3ôJusù Îû ÇÚöF{$# 4
y7Ï9ºxx. Ü>ÎôØo ª!$# tA$sWøBF{$# ÇÊÐÈ
Artinya: Allah telah
menurunkan air(hujan)dari langit,maka mengalirlah air di lembah-lembah menurut
ukurannya.maka arus itu membawa buih yang mengembang.dan dari apa(logam) yang
mereka lebur di dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat.ada pula buih
seperti buih arus itu.demikian allah membuat perumpamaan(bagi) yang benar dan
yang bathil.adapun buih itu akan hilang sebagai suatau yang tidak ada
harganya.adapun yang member manfaat kepada manusia,maka dia tetap di
bumi.demikianlahallah membuat perumpamaan-perumpamaan(QS 13 : 17).
Wahyu itu di
turunkan dari langit untuk menghidupkan hati.oleh allah diserupakan dengan air
yang turun dari langit untuk menghidupkan bumi dengan tumbuh-tumbuhan.hati itu
diserupakan dengan wadhi(lembah).apabila air itu mengalir pada lembah dia
mengandung buih.seperti itu lah petunjuk dan ilmu,apabila telah meresap ke
dalam hatimaka dia akan membekas terhadap syahwat di dalam hati itu.dengan itu
lah syhwat itu akan hilang.diumpamakan seperti air dalam firman tuhan yang
berbunyi,-kami turunkan air dari langit….beginilah allah mengumpamakanyang
benar dan yang bathil.
Juga dibutkan
umpama api dalam firman tuhan yang berbunyi,-dari apa yang menjadibahan bakar
yang menyala dalam api.barang tambang yang berupa emas,atau perak,atau
kuningan,atau besi,ketika dituang maka api itu
mengeluarkan dari logamitu kotoran-kotoran dan dipisahkannya dari
jauhar(intan)yang bermanfaat.demikianlah halnya nafsu syahwat itu.oleh tuhan di
buangkan dari hati orang-orang yang beriman.sama halnya dengan air yang mengalir
dan api itu.buih itu diumpamakan dengan keburukan.
2.
Amsalul kaminah
Yaitu yang
tidak dijelaskan oleh lafadz tamsil.tapi di tunjukan arti yang
mengandungi’jaz.baru berfungsi apabila di pindahkan kepada apa yang diserupakan
kepadanya itu.umpama contoh yang di kemukakan disini adalah:
Pertama,apa yang di fahamidari perkataan yang
berbunyi,-sebaik-baik nya perbuatan ialah pertengahan,
Firman
tuhan yang berbunyi dalam surat al-Baqarah:
ä-Í$¡¡9$#ur èps%Í$¡¡9$#ur (#þqãèsÜø%$$sù $yJßgtÏ÷r& .... ÇÌÑÈ
Artinya:laki-laki
yang mencuri dan perempuan yang mencuri,potonglah tangan keduanya(QS 5 : 38).
Alquran menetapkan hubungan Negara dalm perang dan damai diantara
Negara islam dengan Negara tetangganya dalam mengadakan perjanjian yaitu
meningkatkan pergaulan peradaban secara kemanusiaan.
Kesimpulan,alquran itu adalah undang-undang
dasar tasyri’ yang sempurna mengatur kehidupan manusia dalam bentuk yang lebih
baik dan lebih tinggi nilai nya.dan melindungi peraturan-peraturan lain
berkaitan dengan tidak mampu ditandingi ilmu pengatahuan dan oleh bahasa untuk
selama-lamanya.tidak seorang juga yang membantah bahwa alquranlah yang membuat
berita-berita di alam ini bukan sejarah.
C. Faedah –faedah Amsal
1)
Menonjolkan sesuatu ma’qul (yang hanya bisa
dijangkau akal,abstrak)dalam bentuk konkrit yang dapat dirasakan indra manusia
,sehingga akal mudah menerimanya:sebab pengertian-pengertian abstrak tidak akan
tertanam dalam benak kecuali jika ia dituangkan dalam bentuk indrawi yang dekat
dalam pemahaman,misalnya allah membuat masal bagi keadaan bagi orang yang
menafkahkan harta dengan riya;di mana ia tidak akan mendapatkan pahala
sedikitpun dari perbuatannya itu,
( ¼ã&é#sVyJsù È@sVyJx. Ab#uqøÿ|¹ Ïmøn=tã Ò>#tè? ¼çmt/$|¹r'sù ×@Î/#ur ¼çm2utIsù #V$ù#|¹ ( w crâÏø)t 4n?tã &äóÓx« $£JÏiB (#qç7|¡2 3
‘’maka perumpamaan orang itu seperti batu
licin yang diatasnya ada tanah,kemudian batu itu ditimpa hujan lebat,lalu
menjadi lah bersih(tidak bertanah).mereka tidak mengguasai sesuatu pun dari apa
yang mereka usahakan. ‘’(al-baqarah (2):264)
2)
menyingkapkan hakikat-hakikat dan
menggemukakan sesuatu yang tidak tampak seakan-akan sesuatu yang
tampak.misalnya:
úïÏ%©!$# tbqè=à2ù't (#4qt/Ìh9$# w tbqãBqà)t wÎ) $yJx. ãPqà)t Ï%©!$# çmäܬ6ytFt ß`»sÜø¤±9$# z`ÏB Äb§yJø9$# 4
‘’mereka yang memakan(menggabil)riba tidak
dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran
(tekanan) penyakit gila.”(al-Baqarah (2):275).
3)
Mengumpulkan makna yang menarik lagi indah dalam ungkapan yang
padat. Seperti amsal kaminah dan amsal mursalah dalam ayat-ayat diatas.
4)
Mendorong orang yang di beri masal untuk berbuat sesuai dengan isi
masal. Jika ia merupakan sesuatu yang disenangi jiwa. Misalnya Allah membuat
masal bagi keadaan orang yang menafkahkan harta di jalan Allah, dimana hal itu
akan memberikan kepadanya kebaikan yang banyak. Allah berfirman
ã@sW¨B tûïÏ%©!$# tbqà)ÏÿZã óOßgs9ºuqøBr& Îû È@Î6y «!$# È@sVyJx. >p¬6ym ôMtFu;/Rr& yìö7y @Î/$uZy Îû Èe@ä. 7's#ç7/Yß èps($ÏiB 7p¬6ym 3 ª!$#ur ß#Ïè»Òã `yJÏ9 âä!$t±o 3 ª!$#ur ììźur íOÎ=tæ ÇËÏÊÈ
‘’perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh)
orang-orang yang menafkahkan harta mereka di jalan Allah adalah serupa dengan
sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah
melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang ia kehendaki. Dan Allah maha luas
(kurnia-Nya) lagi maha mengetahui’’(al-Baqarah (2)261)
5)
Menjauhkan (tanfir,kebalikan no.4), jika isi masal berupa sesuatu yang di
benci jiwa. Misalnya firman Allah tentang berlarangan bergunjing:
( wur (#qÝ¡¡¡pgrB wur =tGøót Nä3àÒ÷è/ $³Ò÷èt/ 4 =Ïtär& óOà2ßtnr& br& @à2ù't zNóss9 ÏmÅzr& $\GøtB çnqßJçF÷dÌs3sù 4
“Dan jangan lah sebagian kamu mengunjing
sebagian yang lain.sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging
saudaranya yang sudah mati? Maka tentu kamu merasa jijik kepadanya.” (al-Hujurat
[49]:12).
6)
untuk memuji orang yang memberi masal.seperti firman-nya tentang
para sahabat:
4 y7Ï9ºs öNßgè=sVtB Îû Ïp1uöqG9$# 4 ö/àSè=sVtBur Îû È@ÅgUM}$# ?íötx. ylt÷zr& ¼çmt«ôÜx© ¼çnuy$t«sù xán=øótGó$$sù 3uqtFó$$sù 4n?tã ¾ÏmÏ%qß Ü=Éf÷èã tí#§9$# xáÉóuÏ9 ãNÍkÍ5 u$¤ÿä3ø9$# 3
“Demikianlah
perumpamaan(masal) mereka dalam taurat dan perumpamaan(masal)mereka dalam
injil,yaitu seperti tananam yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu
menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah ia dan tegak lurus diatas
pokoknya. Tanaman
itu menyenangkan hati orang-orang kafir(denan kekuatan orang-orang
mukmin).”(al-fath [48]:29).
Demikianlah keadaan para sahabat pada mulanya mereka hanya golongan
minoritas,kemudian tumbuh berkembang hingga keadaannya semakin kuat dan
mengagumkan hati karena kebesaran mereka.
7)
Untuk mengambarkan(dengan
masal itu)sesuatu yang mempunyai sifat yang dipandang buruk oleh pandangan orang banyak. Misalnya masal
tentang keadaan orang yang di keranui kitabullahtetapi ia tersesat jalan hingga
tidak mengamalkannya,dalam ayt:
ã@ø?$#ur öNÎgøn=tæ r't6tR üÏ%©!$# çm»oYøs?#uä $oYÏF»t#uä yn=|¡S$$sù $yg÷YÏB çmyèt7ø?r'sù ß`»sÜø¤±9$# tb%s3sù z`ÏB úïÍr$tóø9$# ÇÊÐÎÈ öqs9ur $oYø¤Ï© çm»uZ÷èsùts9 $pkÍ5 ÿ¼çm¨ZÅ3»s9ur t$s#÷zr& n<Î) ÇÚöF{$# yìt7¨?$#ur çm1uqyd 4
¼ã&é#sVyJsù È@sVyJx. É=ù=x6ø9$# bÎ) ö@ÏJøtrB Ïmøn=tã ô]ygù=t ÷rr& çmò2çøIs? ]ygù=t 4
y7Ï9º© ã@sVtB ÏQöqs)ø9$# úïÏ%©!$# (#qç/¤x. $uZÏG»t$t«Î/ 4
ÄÈÝÁø%$$sù }È|Ás)ø9$# öNßg¯=yès9 tbrã©3xÿtFt ÇÊÐÏÈ
“Dan bacakanlah pada mereka berita orang yang
telah kami berikan kepadanya ayat-ayat kami(pengetahuan tentang isi al-kitab),kemudian
ia melepaskan diri dari ayat-ayat itu,lalu ia diikuti oleh sayaitan(sampai ia
tergoda) maka jadilah ia termasuk orang-orang yang sesat.dan kalao kami
menghendaki,sesungguhnya kami tinggikan (derajat)nya denggan ayat-ayat
itu,tetapi ia cenderung kepada dunia dan memperturutkan hawa nafsunya yang
rendah,maka perumpamaan (masal)-nya seperti anjing,jika kamu menghalaunya
dijulurkan lidahnya dan jika kamu membiarkanya ia menjulurkan lidahnya (juga),demikian
itulah perumpamaan (masal) orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami. Maka
ceritakanlah (kepada mereka kisah-kisah itu mereka berfikir.’’(al-Araf
(7):175-176)
8)
Amsal lebih berpegaruh kepada jiwa,lebih efektif dalam memberikan
nasehat,lebih kuat dalam memberikan perigatan,dan lebih dapat memuaskan hati.
Allah banyak menyebut amsal didalam alquran untuk perigatan dan pelajaran.ia
berfirman
ôs)s9ur $oYö/uÑ Ä¨$¨Y=Ï9 Îû #x»yd Èb#uäöà)ø9$# `ÏB Èe@ä. 9@sWtB öNßg¯=yè©9 tbrã©.xtGt ÇËÐÈ
‘’Dan sungguh kami telah membuat bagi manusia
di dalm qur’an ini setiap macam perumpamaan (masal) supaya mereka mendapat
pelajaran.’’(az-Zumar (39):27)
ù=Ï?ur ã@»sVøBF{$# $ygç/ÎôØnS Ĩ$¨Z=Ï9 ( $tBur !$ygè=É)÷èt wÎ) tbqßJÎ=»yèø9$# ÇÍÌÈ
‘’Dan perumpamaan-perumpamaan (amsal) itu kami
buat untuk manusia;dan tidak ada yang memahaminya kecuali orang-orang yang
berilmu.’’(al-Ankabut (29):43)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terimakasih komentarnya :)