PEDOMAN OBSERVASI
PEMBINAAN KEBERAGAMAAN SISWA
(Studi Kasus di SMP
Negeri 6 Gunung Talang)
1.
Program kerja dan absen guru pembina keberagamaan
2.
Catatan harian guru pembina tentang perkembangan kemampuan
siswa
3.
Tempat dan waktu pelaksanaan kegiatan pembinaan
keberagamaan siswa
4.
Prosedur pelaksanaan kegiatan pembinaan keberagamaan
siswa
5.
Metode-metode yang digunakan guru pembina dalam
melakukan pembinaan keberagamaan siswa
6.
Bentuk-bentuk kegiatan pembinaan keberagamaan siswa
7.
Kemampuan guru dalam melakukan pembinaan
keberagamaan siswa
8.
Materi kegiatan Pembinaan Keberagamaan siswa
9.
Sikap siswa terhadap kegiatan pembinaan keberagamaan
siswa
PEDOMAN WAWANCARA
PADA KEGIATAN PEMBINAAN KEBERAGAMAAN SISWA
(Studi Kasus di SMP
Negeri 6 Gunung Talang Kabupaten Solok)
A.
Bentuk Kegiatan
1.
Apa saja bentuk kegiatan pembinaan keberagamaan
siswa di SMP Negeri 6 Gunung Talang?
2.
Apa saja kegiatan yang dilakukan dari masing-masing
bentuk kegiatan pembinaan keberagamaan tersebut?
a.
Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Terjemah dan Tafsir al-Qur'an?
b.
Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan
Tadarus?
c.
Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan
Asmaul Husna?
d.
Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan
Shalat Zuhur
Berjamaah?
e.
Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan
Tausiah?
f.
Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan
Muhadharah?
g.
Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan
Annisa?
h.
Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan
Rebana?
i.
Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan
Latihan
Memimpin doa dan Zikir?
j.
Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan
Muhasabah?
k.
Apa
saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Pemantapan Agama?
l.
Apa
saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Pondok al-Qur’an?
3.
Apa saja bentuk kegiatan pembinaan yang dilakukan
dalam membina akhlak siswa?
4.
Apa saja bentuk kegiatan pembinaan yang dilakukan
dalam membina ibadah siswa?
5.
Apa saja bentuk kegiatan pembinaan yang dilakukan
dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa?
6.
Apa saja bentuk kegiatan pembinaan yang dilakukan agar
siswa menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari?
B.
Materi
1.
Terjemah dan Tafsir al-Qur'an
a.
Surat apa saja yang Bapak/Ibu terjemahkan dan
menjelaskan penafsirannya?
b.
Apa saja
materi yang Bapak/Ibu ajarkan kepada
siswa?
c.
Mengapa
Bapak/Ibu mengajarkan materi tersebut?
d.
Kapan materi itu di susun?
e.
Berapa lama siswa bisa menguasai materi yang
Bapak/Ibu ajarkan?
f.
Materi apa saja yang dirasa sulit oleh siswa?
g.
Materi apa saja yang mudah dimengerti dan disukai
oleh siswa?
h.
Apa saja buku sumber yang Bapak/Ibu gunakan dalam
menyampaikan materi?
i.
Materi apa saja yang sulit Bapak/Ibu pahami?
j.
Mengapa materi tersebut sulit untuk Bapak/Ibu
pahami?
k.
Materi apa saja yang Bapak/Ibu senangi?
l.
Mengapa Bapak/Ibu menyenangi materi tersebut?
m.
Tafsir apa yang Bapak/Ibu gunakan?
n.
Mengapa Bapak/Ibu menggunakan tafsir tersebut?
o.
Surat dan ayat berapa yang Bapak/Ibu sulit untuk menjelaskan kepada \siswa?
2.
Forum Annisa
a.
Apa saja
materi yang Ibu ajarkan kepada siswa?
b.
Mengapa Ibu
mengajarkan materi tersebut?
c.
Kapan materi itu di susun?
d.
Berapa lama siswa bisa menguasai materi yang Ibu
ajarkan?
e.
Materi apa saja yang dirasa sulit oleh siswa?
f.
Materi apa saja yang mudah dimengerti dan disukai
oleh siswa?
g.
Apa saja buku sumber yang Ibu gunakan dalam
menyampaikan materi?
h.
Materi apa saja yang sulit Ibu pahami?
i.
Mengapa materi tersebut sulit untuk Ibu pahami?
j.
Materi apa saja yang Ibu senangi?
k.
Mengapa Ibu menyenangi materi tersebut?
l.
Dengan siapa saja Ibu bekerjasama dalam menyampaikan
materi?
m. Mengapa Ibu melakukan
kerjasama dengan orang tersebut?
n.
Materi apa saja yang dijelaskan oleh orang tersebut?
- Pemantapan Agama
a.
Apa saja
materi yang Bapak/Ibu ajarkan kepada
siswa?
b.
Mengapa Bapak/Ibu
mengajarkan materi tersebut?
c.
Kapan materi itu di susun?
d.
Berapa lama siswa bisa menguasai materi yang Bapak/Ibu
ajarkan?
e.
Materi apa saja yang dirasa sulit oleh siswa?
f.
Materi apa saja yang mudah dimengerti dan disukai
oleh siswa?
g.
Apa saja buku sumber yang Ibu gunakan dalam
menyampaikan materi?
h.
Materi apa saja yang sulit Bapak/Ibu pahami?
i.
Mengapa materi tersebut sulit untuk Bapak/Ibu
pahami?
j.
Materi apa saja yang Bapak/Ibu senangi?
k.
Mengapa Bapak/Ibu menyenangi materi tersebut?
l.
Dengan siapa saja Bapak/Ibu bekerjasama dalam
menyampaikan materi?
m.
Mengapa Bapak/Ibu melakukan kerjasama dengan orang
tersebut?
n.
Materi apa saja yang dijelaskan oleh orang tersebut?
- Pondok
al-Qur’an
a.
Apa saja
materi tentang ilmu tajwid yang Bapak/Ibu
ajarkan kepada siswa?
b.
Mengapa Bapak/Ibu
mengajarkan materi tersebut?
c.
Kapan materi itu di susun?
d.
Berapa lama siswa bisa menguasai materi yang Bapak/Ibu
ajarkan?
e.
Materi apa saja yang dirasa sulit oleh siswa?
f.
Materi apa saja yang mudah dimengerti dan disukai
oleh siswa?
g.
Apa saja buku sumber yang Bapak/Ibu gunakan dalam
menyampaikan materi?
h.
Materi apa saja yang sulit Bapak/Ibu pahami?
i.
Mengapa materi tersebut sulit untuk Bapak/Ibu
pahami?
j.
Materi apa saja yang Bapak/Ibu senangi?
k.
Mengapa Bapak/Ibu menyenangi materi tersebut?
l.
Dengan siapa saja Bapak/Ibu bekerjasama dalam
menyampaikan materi?
m.
Mengapa Bapak/Ibu melakukan kerjasama dengan orang
tersebut?
n.
Materi apa saja yang dijelaskan oleh orang tersebut?
C.
Proses (Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi)
1.
Terjemah dan tafsir al-Qur'an
a.
Perencanaan
1)
Apa saja
yang Bapak/Ibu persiapkan sebelum melakukan pembinaan tentang terjemahan dan tafsir al-Qur’an?
2)
Bagaimana Bapak/Ibu
mempersiapkannya?
b.
Pelaksanaan
1)
Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk memantau
perkembangan siswa setelah diberikan pembinaan tentang terjemahan dan tafsir
al-Qur’an?
2)
Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar siswa mudah
memahami apa yang Bapak/Ibu ajarkan tentang terjemahan dan tafsir al-Qur’an?
3)
Apa saja kendala yang Bapak/Ibu hadapi ketika
melakukan pembinaan tentang terjemahan dan tafsir al-Qur’an kepada siswa?
4)
Apa strategi yang Bapak/Ibu lakukan jika mengalami
kesulitan dalam melakukan pembinaan terjemahan dan tafsir al-Qur’an?
5)
Apa saja metode yang Bapak/Ibu lakukan dalam mengajartkan
terjemahan dan tafsir al-Qur’an?
c.
Hasil
1)
Berapa lama siswa mampu menerapkan apa yang sudah
Bapak/Ibu ajarkan?
2)
Bagaimana tanggapan siswa ketika Bapak/Ibu melakukan
pembinaan tentang terjemahan dan tafsir al-Qur’an?
3)
Bagaimana bentuk penilaian pembinaan tentang
terjemahan dan tafsir al-Qur’an yang Bapak/Ibu lakukan?
4)
Apa saja hasil yang diperoleh setelah melakukan
pembinaan tentang terjemahan dan tafsir al-Qur’an?
5)
Apa saja prestasi yang telah diperoleh oleh siswa
yang Bapak/Ibu bina?
2.
Tadarus
a. Bagaimana prosedur pelaksanaan tadarus?
b. Apa saja
yang dilakukan agar kegiatan tadarus dapat terlaksana dengan baik?
3.
Asmaul Husna
a.
Bagaimana prosedur pelaksanaan kegiatan asma’ul
husna?
b.
Bagaimana upaya Bapak/Ibu agar kegiatan asma’ul
husna bisa dilaksanakan dengan baik?
c.
Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar siswa mampu
menghafal dan melafalkan asma’ul husna dengan baik dan benar?
d.
Bagaimana pelaksanaan kegiatan asma’ul husna
4.
Shalat Zuhur Berjamaah
a.
Bagaimana
prosedur pelaksanaan shalat dzuhur berjama’ah?
b.
Bagaiamana pengaturan pelaksanaan shalat zuhur
berjama’ah?
c.
Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar pelaksanaan
shalat zuhur berjama’ah dapat terlaksana dengan baik?
5.
Tausiah
a.
Bagaiamana
pengaturan pelaksanaan tausiah?
b.
Apa saja upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar siswa
mampu menyampaikan tausiah dengan baik?
c.
Apa saja upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar tausiah
dapat berjalan dengan baik?
d.
Bagaimana pelaksanaan tausiah?
6.
Muhadharah
a.
Apa saja
kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan muhadarah?
b.
Bagaimana
prosedur pelaksanaan kegiatan muhadarah?
c.
Apa upaya
yang Bapak/Ibu lakukan agar kegiatan muhadarah terlaksana dengan baik?
d.
Bagaimana
pelaksanaan kegiatan muhadarah?
7.
Forum Annisa
a.
Perencanaan
1)
Apa saja yang Ibu persiapkan sebelum melakukan kegiatan
forum an-Nisa?
b.
Proses
1)
Apa yang Ibu lakukan untuk memantau perkembangan
siswa setelah diberikan pembinaan?
2)
Apa upaya yang Ibu lakukan agar mudah melakukan
pembinaan keberagamaan terhadap siswa pada kegiatan forum annisa’?
3)
Apa saja kendala yang Ibu hadapi ketika melakukan
pembinaan keberagamaan kepada siswa pada kegiatan forum annisa’?
4)
Apa strategi yang Ibu lakukan jika mengalami
kesulitan dalam melakukan pembinaan keberagamaan pada kegiatan forum an-Nisa’?
5)
Apa saja metode yang Ibu lakukan dalam melakukan
pembinaan keberagamaan siswa pada kegiatan forum an nisa’?
c.
Hasil
1)
Berapa lama siswa mampu menerapkan apa yang sudah
Ibu ajarkan?
2)
Bagaimana tanggapan siswa ketika Ibu melakukan
pembinaan?
3)
Bagaimana bentuk penilaian pembinaan keberagamaan
pada kegiatan forum an-Nisa’ yang Ibu lakukan?
4)
Apa saja hasil yang diperoleh setelah melakukan
pembinaan keberagamaan siswa pada kegiatan foruman-Nisa’?
8.
Qasidah Rebana
a.
Apa saja yang Bapak/Ibu persiapkan sebelum melakukan
latihan qasidah rebana?
b.
Bagaimana Bapak/Ibu melakukan persiapan sebelum
melakukan latihan qasidah rebana?
c.
Apa saja
trik yang harus dikuasai siswa agar mudah menggunakan alat rebana?
d.
Bagaiamana
cara Bapak/Ibu menempatkan siswa dalam menggunakan alat rebana?
e.
Apa upaya
yang Bapak/Ibu lakukan agar siswa mahir dalam memainkan alat rebana?
f.
Bagaimana
pelaksanaan kegiatan qasidah rebana?
g.
Apa saja
nama alat rebana yang dimiliki SMP Negeri 6 Gunung Talang?
h.
Bagaimana tanggapan pihak sekolah terhadap pelaksanaan
kegiatan qasidah rebana?
i.
Bagaiamana tanggapan masyarakat pelaksanaan kegiatan
qasidah rebana?
j.
Bagaimana eksistensi kegiatan qasidah rebana di
sekolah?
k.
Apa saja
prestasi yang pernah diraih siswa dalam kegiatan qasidah rebana?
9.
Latihan Memimpin doa dan Zikir
1.
Bagaiamana
prosedur pelaksanaan kegiatan latihan memimpin do’a dan zikir?
2.
Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar kegiatan
Latihan memimpin do’a dan Zikir dapat terlaksana dnegan baik?
3.
Bagaiamana
pelaksanaan kegiatan latihan memimpin do’a dan zikir?
10. Muhasabah
1.
Bagaimana
prosedur pelaksanaan muhasabah yang Bapak/Ibu lakukan?
2.
Apa upaya
yang Bapak/Ibu lakukan agar kegiatan muhasabah dapat terlaksana dengan baik?
3.
Mengapa dilakukan muhasabah?
11. Pemantapan Agama
a. Perencanaan
1)
Apa saja yang Bapak/Ibu persiapkan sebelum melakukan
pembinaan keberagamaan tentang pemantapan agama?
2)
Bagaimana Bapak/Ibu mempersiapkan kegiatan pemantapan
agama?
b.
Pelaksanaan
1)
Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk memantau
perkembangan siswa setelah diberikan pembinaan pemantapan agama?
2)
Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar mudah
melakukan pembinaan pemantapan agama kepada siswa?
3)
Apa saja media yang Bapak/Ibu gunakan dalam melakukan
pembinaan pemantapan agama?
4)
Bagaimana Bapak/Ibu menampilkan media tersebut?
5)
Apa saja kendala yang Bapak/Ibu hadapi ketika melakukan
pembinaan pemantapan agama kepada siswa?
6)
Apa strategi yang Bapak/Ibu lakukan jika mengalami
kesulitan dalam melakukan pembinaan pemantapan agama?
7)
Apa saja metode yang Bapak/Ibu gunakan dalam
melakukan pembinaan pemantapan agama?
c.
Hasil
1)
Berapa lama siswa mampu menerapkan apa yang sudah
Bapak/Ibu ajarkan?
2)
Bagaimana tanggapan siswa ketika Bapak/Ibu melakukan
pembinaan?
3)
Bagaimana bentuk penilaian pembinaan keberagamaan
yang Bapak/Ibu lakukan?
4)
Apa saja hasil yang diperoleh setelah melakukan
pembinaan keberagamaan siswa?
12. Pondok al-Qur’an
a.
Perencanaan
1)
Apa saja yang Bapak/Ibu persiapkan sebelum melakukan
pembinaan kemampuan baca al-Qur’an?
2)
Bagaimana Bapak/Ibu mempersiapkannya?
b.
Pelaksanaan
1)
Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk memantau
perkembangan siswa setelah diberikan pembinaan?
2)
Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar siswa mudah
memahami dan pandai baca al-Qur’an
3)
Apa saja kendala yang Bapak/Ibu hadapi ketika
melakukan pembinaan keberagamaan kepada siswa pada kegiatan pembinaan baca
al-Qur’an?
4)
Apa strategi yang Bapak/Ibu lakukan jika mengalami
kesulitan dalam melakukan pembinaan keberagamaan siswa pada kegiatan pembinaan
baca al-Qur’an?
5)
Apa saja metode yang Bapak/Ibu gunakan dalam
melakukan pembinaan baca al-Qur’an ?
6)
Apa saja media yang Bapak/Ibu gunakan dalam menjelaskan
materi?
7)
Apa saja tingkatan dalam kegiatan pembinaan baca
al-Qur’an yang Bapak/Ibu lakukan?
c.
Hasil
1)
Berapa lama siswa mampu menerapkan apa yang sudah
Bapak/Ibu ajarkan?
2)
Bagaimana tanggapan siswa ketika Bapak/Ibu melakukan
pembinaan?
3)
Bagaimana bentuk penilaian pembinaan baca al-Qur’an
yang Bapak/Ibu lakukan?
4)
Apa saja hasil yang diperoleh setelah melakukan
pembinaan keberagamaan siswa?
5)
Apa saja prestasiyang diraih siswa setelah dilakukan
pembinaan baca al-Qur’an?
D.
Pembina kegiatan pembinaan keberagamaan siswa
1.
Bagaimana kondisi Bapak/Ibu ketika melakukan
pembinaan keberagamaan siswa?
2.
Apa saja kontribusi dari sekolah kepada Bapak/Ibu
sebagai pembina kegiatan pembinaan keberagamaan siswa?
3.
Apa tujuan yang Bapak/Ibu inginkan dalam melakukan
kegaitan pembinaan keberagamaan?
4.
Bagaimana pihak sekolah menghargai Bapak/Ibu sebagai
pembina kegiatan pembinaan keberagamaan siswa?
5.
Bagimana tanggapan kepala sekolah tentang pembinaan
keberagamaan yang Bapak/Ibu lakukan?
6.
Bagaimana tanggapan guru mata pelajaran lain tentang
pembinaan keberagamaan yang Bapak/Ibu lakukan?
7.
Bagaimana tanggapan masyarakat sekitar tentang
pembinaan keberagamaan yang Bapak/Ibu lakukan?
8.
Bagaimana perasaaan Bapak/Ibu ketika melakukan
pembinaan keberagamaan kepada siswa?
Wawancara
untuk Kepala Sekolah
1.
Bagaimana pendapat Bapak/Ibu tentang kesiapan guru
pembina dalam melakukan pembinaan keberagamaan siswa?
2.
Bagaimana tanggapan Bapak/Ibu tentang pelaksanaan
kegiatan keagamaan di sekolah?
3.
Bagaimana menurut Bapak/Ibu kompetensi guru yang
melakukan pembinaan keberagamaan?
4.
Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk memantau
pelaksanaan kegiatan pembinaan keberagamaan?
5.
Apa saja upaya pihak sekolah dalam melakukan
pembinaan akhlak siswa?
6.
Apa saja upaya pihak sekolah dalam melakukan
pembinaan ibadah siswa?
7.
Apa upaya pihak sekolah dalam melakukan pembinaan
kemampuan agama siswa?
8.
Apa saja kontribusi yang Bapak/Ibu berikan kepada guru pembina kegiatan keberagamaan?
9.
Apa saja hasil yang telah dicapai dalam kegiatan
pembinaan keberagamaan siswa?
10. Apa saja
prestasi yang pernah diraih oleh SMP Negeri 6 Gunung Talang dalam bidang agama?
11. Sejauh mana
pengaruh kegiatan pembinaan keberagamaan yang telah dilakukan terhadap akhlak,
ibadah dan kemampuan agama siswa?
Wawancara
untuk Wakil Kepala Sekolah
1.
Bagaimana pendapat Bapak/Ibu tentang kesiapan guru
pembina dalam melakukan pembinaan keberagamaan siswa?
2.
Bagaimana tanggapan Bapak/Ibu tentang pelaksanaan
kegiatan keagamaan di sekolah?
3.
Bagaimana menurut Bapak/Ibu kompetensi guru yang
melakukan pembinaan keberagamaan?
4.
Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk memantau
pelaksanaan kegiatan pembinaan keberagamaan?
5.
Apa saja upaya pihak sekolah dalam melakukan
pembinaan akhlak siswa?
6.
Apa saja upaya pihak sekolah dalam melakukan
pembinaan ibadah siswa?
7.
Apa upaya pihak sekolah dalam melakukan pembinaan kemampuan
agama siswa?
8.
Apa saja kontribusi yang Bapak/Ibu berikan kepada guru pembina kegiatan keberagamaan?
9.
Apa saja hasil yang telah dicapai dalam kegiatan
pembinaan keberagamaan siswa?
10. Apa saja
prestasi yang pernah diraih oleh SMP Negeri 6 Gunung Talang dalam bidang agama?
11. Sejauh mana
pengaruh kegiatan pembinaan keberagamaan yang telah dilakukan terhadap akhlak,
ibadah dan kemampuan agama siswa?
Wawancara
untuk Siswa
1.
Bagaimana pendapatmu tentang guru pembina kegiatan pembinaan
keberagamaan siswa?
2.
Apa saja ilmu yang kamu peroleh setelah diberikan
pembinaan?
3.
Apa saja kegiatan pembinaan keberagamaan yang kamu
senangi?
4.
Apa saja perubahan yang kamu rasakan setelah
diberikan pembinaan keberagamaan?
5.
Bagaimana menurut kamu pelaksanaan kegiatan
pembinaan keberagamaan di sekolah?
Wawancara
untuk masyarakat
1.
Bagaimana perilaku siswa SMP Negeri 6 Gunung Talang
dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat?
2.
Apa saja kemampuan siswa SMP Negeri 6 Gunung Talang
khusunya dalam bidang agama yang telah diterapkan di tengah-tengah masyarakat?
3.
Bagaimana menurut Bapak/Ibu kemampuan siswa SMP
Negeri 6 Gunung Talang khususnya kemampuan bidang keagamaan?
4.
Apakah pihak sekolah mempunyai hubungan dan kerja
sama yang baik dengan masyarakat dalam membina siswa?
Bentuk
2 pedoman wawancara
No
|
Pertanyaan Peneliti
|
Indikator Ketercapaian
Wawancara
|
Narasumber/responden
|
1
|
|
|
Guru
pembimbing
|
2
|
|
|
Guru
mata pelajaran lain
|
3
|
|
|
Kepala
Sekolah
|
4
|
|
|
|
Daftar
pertanyaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terimakasih komentarnya :)