Jumat, 21 Oktober 2016

PEDOMAN OBSERVASI DAN WAWANCARA

PEDOMAN OBSERVASI PEMBINAAN KEBERAGAMAAN SISWA 
(Studi Kasus di SMP Negeri 6 Gunung Talang)

1.    Program kerja dan absen guru pembina keberagamaan
2.    Catatan harian guru pembina tentang perkembangan kemampuan siswa
3.    Tempat dan waktu pelaksanaan kegiatan pembinaan keberagamaan siswa  
4.    Prosedur pelaksanaan kegiatan pembinaan keberagamaan siswa
5.    Metode-metode yang digunakan guru pembina dalam melakukan pembinaan keberagamaan siswa
6.    Bentuk-bentuk kegiatan pembinaan keberagamaan siswa
7.    Kemampuan guru dalam melakukan pembinaan keberagamaan siswa
8.    Materi kegiatan Pembinaan Keberagamaan siswa
9.    Sikap siswa terhadap kegiatan pembinaan keberagamaan siswa



PEDOMAN WAWANCARA PADA KEGIATAN PEMBINAAN KEBERAGAMAAN SISWA
(Studi Kasus di SMP Negeri 6 Gunung Talang Kabupaten Solok)

A.       Bentuk Kegiatan
1.           Apa saja bentuk kegiatan pembinaan keberagamaan siswa di SMP Negeri 6 Gunung Talang?
2.           Apa saja kegiatan yang dilakukan dari masing-masing bentuk kegiatan pembinaan keberagamaan tersebut?
a.       Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Terjemah dan Tafsir al-Qur'an?        
b.      Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Tadarus?
c.       Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Asmaul Husna?
d.      Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Shalat Zuhur Berjamaah?
e.       Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Tausiah?
f.       Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Muhadharah?
g.       Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Annisa?
h.      Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Rebana?
i.        Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Latihan Memimpin doa dan Zikir?
j.        Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Muhasabah?
k.        Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Pemantapan Agama?
l.          Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Pondok al-Qur’an?
3.           Apa saja bentuk kegiatan pembinaan yang dilakukan dalam membina akhlak siswa?
4.           Apa saja bentuk kegiatan pembinaan yang dilakukan dalam membina ibadah siswa?
5.           Apa saja bentuk kegiatan pembinaan yang dilakukan dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa?
6.           Apa saja bentuk kegiatan pembinaan yang dilakukan agar siswa menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari?



B.       Materi
1.      Terjemah dan Tafsir al-Qur'an
a.       Surat apa saja yang Bapak/Ibu terjemahkan dan menjelaskan penafsirannya?
b.      Apa saja materi yang Bapak/Ibu  ajarkan kepada siswa?
c.       Mengapa Bapak/Ibu mengajarkan materi tersebut?
d.      Kapan materi itu di susun?
e.       Berapa lama siswa bisa menguasai materi yang Bapak/Ibu ajarkan?
f.       Materi apa saja yang dirasa sulit oleh siswa?
g.       Materi apa saja yang mudah dimengerti dan disukai oleh siswa?
h.      Apa saja buku sumber yang Bapak/Ibu gunakan dalam menyampaikan materi?
i.        Materi apa saja yang sulit Bapak/Ibu pahami?
j.        Mengapa materi tersebut sulit untuk Bapak/Ibu pahami?
k.      Materi apa saja yang Bapak/Ibu senangi?
l.        Mengapa Bapak/Ibu menyenangi materi tersebut?
m.    Tafsir apa yang Bapak/Ibu gunakan?
n.      Mengapa Bapak/Ibu menggunakan tafsir tersebut?
o.      Surat dan ayat berapa yang Bapak/Ibu  sulit untuk menjelaskan kepada \siswa?
           
2.      Forum Annisa
a.    Apa saja materi yang Ibu  ajarkan kepada siswa?
b.    Mengapa Ibu mengajarkan materi tersebut?
c.    Kapan materi itu di susun?
d.    Berapa lama siswa bisa menguasai materi yang Ibu ajarkan?
e.    Materi apa saja yang dirasa sulit oleh siswa?
f.     Materi apa saja yang mudah dimengerti dan disukai oleh siswa?
g.    Apa saja buku sumber yang Ibu gunakan dalam menyampaikan materi?
h.    Materi apa saja yang sulit Ibu pahami?
i.      Mengapa materi tersebut sulit untuk Ibu pahami?
j.      Materi apa saja yang Ibu senangi?
k.    Mengapa Ibu menyenangi materi tersebut?
l.      Dengan siapa saja Ibu bekerjasama dalam menyampaikan materi?
m.  Mengapa Ibu melakukan kerjasama dengan orang tersebut?
n.    Materi apa saja yang dijelaskan oleh orang tersebut?
         
  1.   Pemantapan Agama
a.       Apa saja materi yang Bapak/Ibu  ajarkan kepada siswa?
b.      Mengapa Bapak/Ibu mengajarkan materi tersebut?
c.       Kapan materi itu di susun?
d.      Berapa lama siswa bisa menguasai materi yang Bapak/Ibu ajarkan?
e.       Materi apa saja yang dirasa sulit oleh siswa?
f.       Materi apa saja yang mudah dimengerti dan disukai oleh siswa?
g.       Apa saja buku sumber yang Ibu gunakan dalam menyampaikan materi?
h.      Materi apa saja yang sulit Bapak/Ibu pahami?
i.        Mengapa materi tersebut sulit untuk Bapak/Ibu pahami?
j.        Materi apa saja yang Bapak/Ibu senangi?
k.      Mengapa Bapak/Ibu menyenangi materi tersebut?
l.        Dengan siapa saja Bapak/Ibu bekerjasama dalam menyampaikan materi?
m.    Mengapa Bapak/Ibu melakukan kerjasama dengan orang tersebut?
n.      Materi apa saja yang dijelaskan oleh orang tersebut?

  1. Pondok al-Qur’an
a.       Apa saja materi tentang ilmu tajwid yang Bapak/Ibu  ajarkan kepada siswa?
b.      Mengapa Bapak/Ibu mengajarkan materi tersebut?
c.       Kapan materi itu di susun?
d.      Berapa lama siswa bisa menguasai materi yang Bapak/Ibu ajarkan?
e.       Materi apa saja yang dirasa sulit oleh siswa?
f.       Materi apa saja yang mudah dimengerti dan disukai oleh siswa?
g.       Apa saja buku sumber yang Bapak/Ibu gunakan dalam menyampaikan materi?
h.      Materi apa saja yang sulit Bapak/Ibu pahami?
i.        Mengapa materi tersebut sulit untuk Bapak/Ibu pahami?
j.        Materi apa saja yang Bapak/Ibu senangi?
k.      Mengapa Bapak/Ibu menyenangi materi tersebut?
l.        Dengan siapa saja Bapak/Ibu bekerjasama dalam menyampaikan materi?
m.    Mengapa Bapak/Ibu melakukan kerjasama dengan orang tersebut?
n.      Materi apa saja yang dijelaskan oleh orang tersebut?

C.       Proses (Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi)
1.      Terjemah dan tafsir al-Qur'an 

a.        Perencanaan
1)     Apa saja yang Bapak/Ibu persiapkan sebelum melakukan pembinaan tentang terjemahan  dan tafsir al-Qur’an?
2)    Bagaimana Bapak/Ibu mempersiapkannya?

b.        Pelaksanaan
1)      Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk memantau perkembangan siswa setelah diberikan pembinaan tentang terjemahan dan tafsir al-Qur’an?
2)      Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar siswa mudah memahami apa yang Bapak/Ibu ajarkan tentang terjemahan dan tafsir al-Qur’an?
3)      Apa saja kendala yang Bapak/Ibu hadapi ketika melakukan pembinaan tentang terjemahan dan tafsir al-Qur’an kepada siswa?
4)      Apa strategi yang Bapak/Ibu lakukan jika mengalami kesulitan dalam melakukan pembinaan terjemahan dan tafsir al-Qur’an?
5)      Apa saja metode yang Bapak/Ibu lakukan dalam mengajartkan terjemahan dan tafsir al-Qur’an?
c.         Hasil
1)      Berapa lama siswa mampu menerapkan apa yang sudah Bapak/Ibu ajarkan?
2)      Bagaimana tanggapan siswa ketika Bapak/Ibu melakukan pembinaan tentang terjemahan dan tafsir al-Qur’an?
3)      Bagaimana bentuk penilaian pembinaan tentang terjemahan dan tafsir al-Qur’an yang Bapak/Ibu lakukan?
4)      Apa saja hasil yang diperoleh setelah melakukan pembinaan tentang terjemahan dan tafsir al-Qur’an?
5)      Apa saja prestasi yang telah diperoleh oleh siswa yang Bapak/Ibu bina?

2.      Tadarus

a.   Bagaimana prosedur pelaksanaan tadarus?
b.  Apa saja yang dilakukan agar kegiatan tadarus dapat terlaksana dengan baik?

3.      Asmaul Husna

a.    Bagaimana prosedur pelaksanaan kegiatan asma’ul husna?
b.    Bagaimana upaya Bapak/Ibu agar kegiatan asma’ul husna bisa dilaksanakan dengan baik?
c.    Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar siswa mampu menghafal dan melafalkan asma’ul husna dengan baik dan benar?
d.    Bagaimana pelaksanaan kegiatan asma’ul husna

4.      Shalat Zuhur Berjamaah

a.       Bagaimana prosedur pelaksanaan shalat dzuhur berjama’ah?
b.      Bagaiamana pengaturan pelaksanaan shalat zuhur berjama’ah?
c.       Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar pelaksanaan shalat zuhur berjama’ah dapat terlaksana dengan baik?


5.      Tausiah
a.       Bagaiamana pengaturan pelaksanaan tausiah?
b.      Apa saja upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar siswa mampu menyampaikan tausiah dengan baik?
c.       Apa saja upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar tausiah dapat berjalan dengan baik?
d.      Bagaimana pelaksanaan tausiah?


6.      Muhadharah
a.       Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan muhadarah?
b.      Bagaimana prosedur pelaksanaan kegiatan muhadarah?
c.       Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar kegiatan muhadarah terlaksana dengan baik?
d.      Bagaimana pelaksanaan kegiatan muhadarah?

7.      Forum Annisa

a.       Perencanaan
1)   Apa saja yang Ibu persiapkan sebelum melakukan kegiatan forum an-Nisa?
b.      Proses
1)      Apa yang Ibu lakukan untuk memantau perkembangan siswa setelah diberikan pembinaan?
2)      Apa upaya yang Ibu lakukan agar mudah melakukan pembinaan keberagamaan terhadap siswa pada kegiatan forum annisa’?
3)      Apa saja kendala yang Ibu hadapi ketika melakukan pembinaan keberagamaan kepada siswa pada kegiatan forum annisa’?
4)      Apa strategi yang Ibu lakukan jika mengalami kesulitan dalam melakukan pembinaan keberagamaan pada kegiatan forum an-Nisa’?
5)      Apa saja metode yang Ibu lakukan dalam melakukan pembinaan keberagamaan siswa pada kegiatan forum an nisa’?
c.       Hasil
1)      Berapa lama siswa mampu menerapkan apa yang sudah Ibu ajarkan?
2)      Bagaimana tanggapan siswa ketika Ibu melakukan pembinaan?
3)      Bagaimana bentuk penilaian pembinaan keberagamaan pada kegiatan forum an-Nisa’ yang Ibu lakukan?
4)      Apa saja hasil yang diperoleh setelah melakukan pembinaan keberagamaan siswa pada kegiatan foruman-Nisa’?
8.      Qasidah Rebana

a.         Apa saja yang Bapak/Ibu persiapkan sebelum melakukan latihan qasidah rebana?
b.        Bagaimana Bapak/Ibu melakukan persiapan sebelum melakukan latihan qasidah rebana?
c.         Apa saja trik yang harus dikuasai siswa agar mudah menggunakan alat rebana?
d.        Bagaiamana cara Bapak/Ibu menempatkan siswa dalam menggunakan alat rebana?
e.         Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar siswa mahir dalam memainkan alat rebana?
f.         Bagaimana pelaksanaan kegiatan qasidah rebana?
g.         Apa saja nama alat rebana yang dimiliki SMP Negeri 6 Gunung Talang?
h.        Bagaimana tanggapan pihak sekolah terhadap pelaksanaan kegiatan qasidah rebana?
i.          Bagaiamana tanggapan masyarakat pelaksanaan kegiatan qasidah rebana?
j.          Bagaimana eksistensi kegiatan qasidah rebana di sekolah?
k.        Apa saja prestasi yang pernah diraih siswa dalam kegiatan qasidah rebana?

9.      Latihan Memimpin doa dan Zikir
1.        Bagaiamana prosedur pelaksanaan kegiatan latihan memimpin do’a dan zikir?
2.         Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar kegiatan Latihan memimpin do’a dan Zikir dapat terlaksana dnegan baik?
3.        Bagaiamana pelaksanaan kegiatan latihan memimpin do’a dan zikir?

10.   Muhasabah
1.      Bagaimana prosedur pelaksanaan muhasabah yang Bapak/Ibu lakukan?
2.      Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar kegiatan muhasabah dapat terlaksana dengan baik?
3.      Mengapa dilakukan muhasabah?








11.    Pemantapan Agama

a. Perencanaan
1)             Apa saja yang Bapak/Ibu persiapkan sebelum melakukan pembinaan keberagamaan tentang pemantapan agama?
2)             Bagaimana Bapak/Ibu mempersiapkan kegiatan pemantapan agama?
b.      Pelaksanaan
1)      Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk memantau perkembangan siswa setelah diberikan pembinaan pemantapan agama?
2)      Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar mudah melakukan pembinaan pemantapan agama kepada siswa?
3)      Apa saja media yang Bapak/Ibu gunakan dalam melakukan pembinaan pemantapan agama?
4)      Bagaimana Bapak/Ibu menampilkan media tersebut?
5)      Apa saja kendala yang Bapak/Ibu hadapi ketika melakukan pembinaan pemantapan agama kepada siswa?
6)      Apa strategi yang Bapak/Ibu lakukan jika mengalami kesulitan dalam melakukan pembinaan pemantapan agama?
7)      Apa saja metode yang Bapak/Ibu gunakan dalam melakukan pembinaan pemantapan agama?
c.       Hasil
1)      Berapa lama siswa mampu menerapkan apa yang sudah Bapak/Ibu ajarkan?
2)      Bagaimana tanggapan siswa ketika Bapak/Ibu melakukan pembinaan?
3)      Bagaimana bentuk penilaian pembinaan keberagamaan yang Bapak/Ibu lakukan?
4)      Apa saja hasil yang diperoleh setelah melakukan pembinaan keberagamaan siswa?

12.    Pondok al-Qur’an

a.       Perencanaan
1)      Apa saja yang Bapak/Ibu persiapkan sebelum melakukan pembinaan kemampuan baca al-Qur’an?
2)      Bagaimana Bapak/Ibu mempersiapkannya?
b.      Pelaksanaan
1)      Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk memantau perkembangan siswa setelah diberikan pembinaan?
2)      Apa upaya yang Bapak/Ibu lakukan agar siswa mudah memahami dan pandai baca al-Qur’an
3)      Apa saja kendala yang Bapak/Ibu hadapi ketika melakukan pembinaan keberagamaan kepada siswa pada kegiatan pembinaan baca al-Qur’an?
4)      Apa strategi yang Bapak/Ibu lakukan jika mengalami kesulitan dalam melakukan pembinaan keberagamaan siswa pada kegiatan pembinaan baca al-Qur’an?
5)      Apa saja metode yang Bapak/Ibu gunakan dalam melakukan pembinaan baca al-Qur’an ?
6)      Apa saja media yang Bapak/Ibu gunakan dalam menjelaskan materi?
7)      Apa saja tingkatan dalam kegiatan pembinaan baca al-Qur’an yang Bapak/Ibu lakukan?
c.       Hasil
1)     Berapa lama siswa mampu menerapkan apa yang sudah Bapak/Ibu ajarkan?
2)     Bagaimana tanggapan siswa ketika Bapak/Ibu melakukan pembinaan?
3)     Bagaimana bentuk penilaian pembinaan baca al-Qur’an yang Bapak/Ibu lakukan?
4)     Apa saja hasil yang diperoleh setelah melakukan pembinaan keberagamaan siswa?
5)     Apa saja prestasiyang diraih siswa setelah dilakukan pembinaan baca al-Qur’an?      


D.       Pembina kegiatan pembinaan keberagamaan siswa
1.      Bagaimana kondisi Bapak/Ibu ketika melakukan pembinaan keberagamaan siswa?
2.      Apa saja kontribusi dari sekolah kepada Bapak/Ibu sebagai pembina kegiatan pembinaan keberagamaan siswa?
3.      Apa tujuan yang Bapak/Ibu inginkan dalam melakukan kegaitan pembinaan keberagamaan?
4.      Bagaimana pihak sekolah menghargai Bapak/Ibu sebagai pembina kegiatan pembinaan keberagamaan siswa?
5.      Bagimana tanggapan kepala sekolah tentang pembinaan keberagamaan yang Bapak/Ibu lakukan?
6.      Bagaimana tanggapan guru mata pelajaran lain tentang pembinaan keberagamaan yang Bapak/Ibu lakukan?
7.      Bagaimana tanggapan masyarakat sekitar tentang pembinaan keberagamaan yang Bapak/Ibu lakukan?
8.      Bagaimana perasaaan Bapak/Ibu ketika melakukan pembinaan keberagamaan kepada siswa?

Wawancara untuk Kepala Sekolah
1.      Bagaimana pendapat Bapak/Ibu tentang kesiapan guru pembina dalam melakukan pembinaan keberagamaan siswa?
2.      Bagaimana tanggapan Bapak/Ibu tentang pelaksanaan kegiatan keagamaan di sekolah?
3.      Bagaimana menurut Bapak/Ibu kompetensi guru yang melakukan pembinaan keberagamaan?
4.      Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk memantau pelaksanaan kegiatan pembinaan keberagamaan?
5.      Apa saja upaya pihak sekolah dalam melakukan pembinaan akhlak siswa?
6.      Apa saja upaya pihak sekolah dalam melakukan pembinaan ibadah siswa?
7.      Apa upaya pihak sekolah dalam melakukan pembinaan kemampuan agama siswa?
8.      Apa saja kontribusi yang Bapak/Ibu berikan  kepada guru pembina kegiatan keberagamaan?
9.      Apa saja hasil yang telah dicapai dalam kegiatan pembinaan keberagamaan siswa?
10.  Apa saja prestasi yang pernah diraih oleh SMP Negeri 6 Gunung Talang dalam bidang agama?
11.  Sejauh mana pengaruh kegiatan pembinaan keberagamaan yang telah dilakukan terhadap akhlak, ibadah dan kemampuan agama siswa?

Wawancara untuk Wakil Kepala Sekolah
1.      Bagaimana pendapat Bapak/Ibu tentang kesiapan guru pembina dalam melakukan pembinaan keberagamaan siswa?
2.      Bagaimana tanggapan Bapak/Ibu tentang pelaksanaan kegiatan keagamaan di sekolah?
3.      Bagaimana menurut Bapak/Ibu kompetensi guru yang melakukan pembinaan keberagamaan?
4.      Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk memantau pelaksanaan kegiatan pembinaan keberagamaan?
5.      Apa saja upaya pihak sekolah dalam melakukan pembinaan akhlak siswa?
6.      Apa saja upaya pihak sekolah dalam melakukan pembinaan ibadah siswa?
7.      Apa upaya pihak sekolah dalam melakukan pembinaan kemampuan agama siswa?
8.      Apa saja kontribusi yang Bapak/Ibu berikan  kepada guru pembina kegiatan keberagamaan?
9.      Apa saja hasil yang telah dicapai dalam kegiatan pembinaan keberagamaan siswa?
10.  Apa saja prestasi yang pernah diraih oleh SMP Negeri 6 Gunung Talang dalam bidang agama?
11.  Sejauh mana pengaruh kegiatan pembinaan keberagamaan yang telah dilakukan terhadap akhlak, ibadah dan kemampuan agama siswa?


Wawancara untuk Siswa
1.                  Bagaimana pendapatmu tentang guru pembina kegiatan pembinaan keberagamaan siswa?
2.                  Apa saja ilmu yang kamu peroleh setelah diberikan pembinaan?
3.                  Apa saja kegiatan pembinaan keberagamaan yang kamu senangi?
4.                  Apa saja perubahan yang kamu rasakan setelah diberikan pembinaan keberagamaan?
5.                  Bagaimana menurut kamu pelaksanaan kegiatan pembinaan keberagamaan di sekolah?
Wawancara untuk masyarakat
1.      Bagaimana perilaku siswa SMP Negeri 6 Gunung Talang dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat?
2.      Apa saja kemampuan siswa SMP Negeri 6 Gunung Talang khusunya dalam bidang agama yang telah diterapkan di tengah-tengah masyarakat?
3.      Bagaimana menurut Bapak/Ibu kemampuan siswa SMP Negeri 6 Gunung Talang khususnya kemampuan bidang keagamaan? 
4.      Apakah pihak sekolah mempunyai hubungan dan kerja sama yang baik dengan masyarakat dalam membina siswa?


Bentuk 2 pedoman wawancara
No
Pertanyaan Peneliti
Indikator Ketercapaian Wawancara
Narasumber/responden
1


Guru pembimbing
2


Guru mata pelajaran lain
3


Kepala Sekolah
4






Daftar pertanyaan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih komentarnya :)